Status Penerbangan Selain Delay yang Juga Bikin Deg-degan

Pas kita mengantar teman atau keluarga ke bandara sebelum atau pun sesudah mereka melakukan penerbangan, pasti kita selalu mastiin kapan pesawat mereka take off dan kapan pesawat mereka bakal mendarat nantinya.

Sesampainya di bandara juga kita pasti bakal lihat informasi dan status penerbangan dalam layar monitor yang tersedia. Nah, apa sih yang sering kita lihat dalam layar monitor selain jam dan nama maskapai?

Tentunya, delayed! Dan ini cukup meresahkan. Bagaimana tidak? Kita yang pastinya udah terburu-buru untuk sampai ke bandara sebelum waktunya check in pas melihat status penerbangan malah delayed.

Ya, masih mending kalau delay-nya hanya sekadar 30 menit atau satu jam. Kalau sampai hitungan hari? Wah, itu sih pasti bakal merusak rencana liburan sepenuhnya.

Melihat banyaknya kasus kaya itu, jadi sangat penting bagi kita untuk mengetahui status penerbangan sesaat sebelum terbang. Kalau kita sebagai penumpang, pastinya kita butuh untuk tahu kapan bakal terbang dan kapan bakal tiba.

Lain lagi halnya kalau kita termasuk keluarga atau orang terdekat yang ingin mengantar atau menjemput penumpang. Status penerbangan itu bisa ngasih kita informasi tentang kapan penumpang bakal berangkat, dan kapan tiba di tempat tujuan, ditambah sama status apakah mereka udah mendarat secara selamat.

Teknologi udah canggih, begitu pula sama dunia penerbangan. Selain melihat langsung di bandara, sekarang kita bisa lho melihat berbagai status penerbangan dari beragam situs dan aplikasi yang ada. Termasuk melihat tiket Lion Air promo atau pun hotel keren di Makassar. Semua bisa diliat dari satu genggaman tangan.

Nah masalahnya, status penerbangan bukan cuma delayed aja, lho. Ada banyak status penerbangan yang bakal kamu temukan di situs maupun aplikasi terkait dan harus kamu ketahui maknanya.

Apa sajakah itu? Simak yuk deretan status penerbangan yang wajib kamu ketahui berikut ini!

  1. Scheduled (S)

Status penerbangan yang satu ini berarti punya waktu keberangkatan dan juga kedatangan sesuai sama jadwal. Namun, penerbangan yang tadinya punya status ini bisa berubah sewaktu-waktu jadi Active (A), Cancelled (C), atau Unknown (U).

  1. Boarding

Kamu seorang penumpang, masih berada di ruang tunggu luar gate dan melihat status penerbangan kamu kaya ini di layar monitor? Kalau iya, wah tandanya kamu perlu bergegas dan lari sekuat tenaga.

Pasalnya, status Boarding ini berarti penumpang yang berada di boarding gate udah dalam proses memasuki pesawat. Jangan sampai kamu ketinggalan penerbangan, ya!

  1. Active (A)

Status Active (A) berarti pesawat udah berada di atas awan. Penerbangan yang punya status ini bisa saja berubah jadi Redirected (R), Landed (L), atau bahkan Unknown (U).

Penerbangan yang statusnya ini juga punya arti kalau pesawat lagi menunggu tersedianya landasan untuk mendarat atau landing.

  1. Unknown (U)

Kalau melihat status ini nampaknya kita harus segera waspada dan mencari kepastian kabar dari pihak maskapai terkait.

Status Unknown (U) berarti keberadaan pesawat maupun ketersediaannya tidak terdeteksi. Sebuah penerbangan bisa punya status ini pas pesawat tidak mengalami perubahan status dalam jangka waktu yang sangat lama.

  1. Redirected

Penerbangan yang punya status Redirected (R) berarti pesawat yang lagi terbang secara tiba-tiba mengubah rute menuju bandara lain. Hal ini tentu bisa terjadi karena berbagai faktor, kaya cuaca, kendala mesin pesawat, maupun bahan bakar yang tidak mencukupi, sehingga harus melakukan pendaratan darurat.

Lalu sesudah itu, jika pesawat akhirnya udah mendarat di bandara yang bukan seharusnya, maka statusnya bakal berubah jadi Diverted (D).

  1. Diverted (D)

Berkaitan sama status sebelumnya, penerbangan yang punya status Diverted (D) berarti sudah mendarat di bandara yang tidak terjadwal sebelumnya. Kaya yang udah dijelaskan tadi, hal ini bisa terjadi pas pesawat mengalami keadaan darurat.

  1. Cancelled (C)

Mau tau apa yang lebih meresahkan dan mengerikan ketimbang status penerbangan Delayed (D). Ya, jawabannya ialah Cancelled (C). Udah jauh-jauh datang ke bandara dan udah terburu-buru, eh penerbangan tiba-tiba di-cancel. Wah, hancur semua rencana liburan.

Status penerbangan yang berubah jadi Cancelled (C) biasanya disebabkan oleh kendala teknis maupun cuaca yang tidak mendukung dan terjadi secara tiba-tiba.

  1. En Route

Nah, status ini yang paling sering juga muncul di monitor pemberitahuan di bandara nampaknya. Status En Route berarti ialah pesawat lagi mengudara dan dalam perjalanan menuju bandara tujuan.

  1. No Operation (NO)

Penerbangan yang berstatus No Operation bakal terjadi pas pesawat datang di luar jadwal kedatangan dan keberangkatan bandara. Tapi uniknya, status penerbangan ini berbeda dan tidak berhubungan sama Redirected (R) dan juga Diverted (D). Nah, status ini amat jarang terjadi dalam dunia penerbangan selama ini.

Itu tadi berbagai status penerbangan yang harus kamu ketahui. Apalagi kalau kamu berencana untuk melakukan perjalanan menggunakan pesawat dalam waktu dekat ini. Ngga mau kan ketinggalan pesawat hanya karena salah membaca info?

Biar lebih nyaman lagi melakukan penerbangan, baiknya cek dulu apa ada tiket pesawat Lion Air Promo. Ngga cuma menawarkan rincian lengkap harga tiket dan mudah membandingkannya, di situs booking online kamu juga bisa melihat hotel keren di Makassar yang bikin pingin nginap dan liburan di sana yang lama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *