Siberian Husky

Siberian husky merupakan salah satu ras yang memiliki penampilan paling cantik, pintar dan menyenangkan. Untuk Anda yang sedang mempertimbangkan ingin menjadikan mereka sebagai bagian dari keluarga Anda, sebaiknya kenali dulu karakter mereka lainnya lebih jauh. Kenal lebih dalam tentang ras yang ingin Anda adopsi adalah kunci untuk hubungan yang panjang dan bahagia.

Berikut 11 hal secara umum tentang Siberian Husky yang harus Anda ketahui dan bisa menjadi pertimbangan Anda:

foto

1. Sangat Suka Berlari

Karena asal usul mereka sebagai anjing penarik kereta luncur bagi masyarakat Chukchi di Asia timur laut, para husky dibiakkan untuk kecepatan dan ketahanan. Mereka sangat menyukai berlari dan seringkali akan berlari bermil-mil sebelum akhirnya berhenti. Saat Anda membawa husky berjalan-jalan, jangan pernah lupa selalu menggunakan leash. Mereka sangat kuat, impulsif, dan suka mengejar hewan kecil, yang berarti orang yang memegang leash harus cukup kuat untuk menahan mereka jika diperlukan.

foto

2. “Houdini di Dunia Anjing”

Organisasi penyelamatan Tails of the Tundra Siberian Husky Rescue yang berbasis di Pennsylvania menyebut huskies sebagai “Houdini of the dog world” (Houdini di dunia anjing). Mereka memperingatkan anjing-anjing husky akan menyelip masuk ke lubang-lubang kecil, memanjati atau menggali tanah di bawah pagar, melarikan diri saat pintu terbuka dan bahkan mereka berani menerobos pagar listrik sekalipun. Karena itu untuk menjaga husky agar tetap aman memerlukan pengawasan dan tidak boleh jauh dari pandangan Anda.

Houdini: adalah pesulap yang terkenal dengan trik menghilang/meloloskan diri.

foto

3. Tidak boleh dibiarkan kesepian

Huskies adalah anjing yang sangat sosial, dan berorientasi pada pack/kelompok. Mereka mendambakan persahabatan dengan orang-orang dan anjing-anjing lain. Jika husky ditinggalkan sendirian terlalu lama, maka Anda mungkin harus menerima konsekuensinya, termasuk terus menerus melolong, percobaan melarikan diri atau merusak satu atau beberapa barang kesayangan Anda.

4. Menyukai Semua Orang

Husky tidak cocok untuk dijadikan anjing penjaga. Bahkan, Chihuahua menjadi pilihan yang lebih baik untuk anjing penjaga dibandingkan Siberian husky. Hal ini karena Husky memberikan kasih sayang mereka tanpa pilih kasih. Penyusup yang masuk ke rumah pun akan disambut sama seperti keluarga mereka.

5. Hati-hati dengan kucing atau binatang kecil

Jika di rumah Anda memelihara kucing, maka berhati-hatilah karena husky memiliki naluri predator yang sangat kuat. Meskipun mereka sangat baik dengan orang-orang dan sebagian besar anjing, namun seringkali mereka akan mengejar dan membunuh binatang kecil, termasuk kelinci, ayam, kucing, binatang ternak dan bahkan anjing kecil. Untuk mencegah hal yang tidak diinginkan, maka sebaiknya husky Anda harus selalu berada di bawah kendali Anda saat berada di luar dan jangan pernah tanpa pengawasan ketika Anda memiliki hewan peliharaan kecil di rumah.

Ps: bukan berarti semua husky tidak cocok dengan kucing, dengan sosialisasi yang baik dan sejak dini, tidak sedikit husky yang bisa hidup akur dengan kucing.

6. Siap-Siap dengan Bulu Rontok

Jika Anda belum memiliki vacuum cleaner di rumah Anda, sebaiknya segera siapkan sebelum Anda membawa pulang seekor husky. Selain rontok sehari-hari, husky akan melepaskan seluruh lapisan bulu dalam (undercoat) mereka dalam jumlah banyak setidaknya sekali atau dua kali dalam setahun. Dan, jangan pernah berpikir ingin membuat husky Anda lebih adem dengan mencukur bulunya; karena bulu undercoat mereka bertindak sebagai insulator, tidak hanya melawan suhu dingin, tetapi juga untuk melawan panas dan sinar UV yang berbahaya.

foto

7. Suka Menggali

Huskies memiliki insting alami untuk menggali. Siapapun yang memiliki husky membutuhkan pagar yang kuat, tinggi dan dibenamkan ke tanah cukup dalam sehingga husky, si penggali yang antusias ini tidak bisa membuat terowongan untuk jalan mereka melarikan diri.

8. Menjaga barang milik mereka

Banyak Siberian husky yang tidak suka berbagi makanan mereka, treat dan mainan. Beri makan anjing husky secara terpisah dan ambil mangkuk kosong setelah waktu makan untuk mencegah agresif makanan.

9. Masalah Kesehatan Genetik

Sama halnya seperti jenis anjing lainnya, Siberian husky memiliki beberapa masalah kesehatan genetik. Menurut Siberian Husky Club of America jenis ini memiliki risiko sedikit lebih tinggi untuk canine hip displasia dan rentan terhadap tiga penyakit mata termasuk juvenile cataracts, progressive retinal atrophy and corneal dystrophy.

10. Husky yang Lelah = Owner yang Bahagia

Husky adalah anjing atletik yang membutuhkan latihan sehari-hari. Dan, ketika lelah, kenakalan mereka berkurang.

foto

11. Anjing Serba Bisa yang Menyenangkan

American Kennel Club menyebut Siberian husky sebagai “anjing serba bisa yang hebat” dengan “temperamen yang menyenangkan dan outgoing.” Jenis ras ini lembut, baik dengan anak-anak, beradaptasi baik dengan lingkungan baru dan biasanya bisa bergaul baik dengan hewan peliharaan lain di rumah. Meskipun penyayang, husky tidak manja atau menyusahkan, dan untuk anjing dengan seukuran mereka, makannya relatif sedikit dibandingkan dengan jenis lain yang memiliki ukuran sama.

11 hal yang disebutkan diatas adalah karakter siberian husky secara umum dan semua kembali lagi pada bagaimana sosialisasi, didikan dan pelatihan yang diberikan.

Sumber : https://anjingdijual.com/thread/2343/11-fakta-tentang-siberian-husky-yang-harus-anda-ketahui

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *